Wednesday 30 December 2015

CARA MEMPERBAIKI TOUCHSCREEN ANDROID YANG ERROR

Jika mengalami keadaan dimana layar android tak berfungsi atau kurang respon, cara memperbaiki touchscreen android yang error pun menjadi salah satu langkah pertama yang selalu dilakukan oleh para pengguna smartphone.

Touchscreen yang tiba-tiba tidak bisa berfungsi ini sering dialami oleh ponsel android, karena kebanyakan hp android ini menggunakan layar sentuh. Ada banyak jenis layar yang digunakan ponsel dan smartphone saat ini, diantaranya CSTN, TFT atau OLED. Saat ini yang paling banyak digunakan adalah teknologi TFT yang lebih kaya akan fitur warna. Selain itu ada juga layar Touchscreen (layar sentuh) yang mengusung kapasitas dan resistif berbasis teknologi TFT.

Hampir semua ponsel Touchscreen saat ini penggunaannya ada dilayar, tidak lagi menggunakan keypad sebagai bantuannya kecuali tombol Call, End Call dan Menu. Banyak, yang bilang jika Touchscreen tidak berfungsi walaupun kita sudah menyentuhnya berkali kali, kerusakannyaada di LCD. Ternyata kerusakan Touchscreen hanya berpengaruh pada layar bagian atas saja, bukan pada bagian LCD didalamnya, karena mereka terpisah.

Cara memperbaiki touchscreen android yang error adalah dengan cara matikan posel dan nyalakan kembali dengan menekan tombol Volume UP+Home+Power. Kemudian pilih Wipe data atau Factory Reset. selanjutnya reboot system now. Namun pastikan jika melakukan cara ini semua data di ponsel harus sudah di back up. Karena cara ini dapat menghapus data pada ponsel.

Selain cara diatas ada juga cara memperbaiki touchscreen  android yang error yang lainnya :
  • Langkah pertama dengan membuka penutup baterai dan bautnya lalu buka casing dan pisahkan dari mesinnya.
  • Pada saat mesin atau PCB sudah dipisahkan dari casing, anda akan melihat layar LCD terdapat dua lapisan. Lapisan paling atas adalah bagian touchscreen yang berfungsi bila disentuh. Maka bagian atas penutup layar ini adalah penyebab kerusakannya.
  • Yang perlu diingat, kalian tidak boleh langsung mencabut kaca touchsreen ini begitu saja, karena pada bagian bawah ada flexible yang terhubung dengan flexible LCD dan itu disolder, maka anda harus membuka solder tersebut baru kemudian menggantinya. Langkah ini memang butuh tingkat kehati-hatian yang tinggi.
  • Setelah berhasil mencabutnya, kalian bisa menggantinya dengan Touchscreen baru. Harga kisaran Touchscreen tersebut lebih murah dari harga LCD. Untuk membelinya, kalian bisa membawa Touchscreen yang rusak sebagai contoh.
  • cara memperbaiki touchscreen android yang error selanjutnya adalah, pasang Touchscreen kembali, dan dilas menggunakan solder
  • Setelah berhasil memasang Touchscreen, kalian jangan langsung memasang kembali casing dan baut bautnya, tetapi mencobaya dengan posisi telanjang terlebih dahulu, ini untuk mengantisipasi jika ponsel masih belum berfungsi dengan baik.
  • Jika Touchscreen sudah berfungsi, selanjutnya kalian harus melakukan settingan calibration layar agar bisa berfungsi dengan baik. Settingan Calibration ini ada di menu settingan-calibration dan ikuti tanda tanda silang dilayarnya. jika calibration masih failed, maka kalian harus mengecek kembali pemasangannya.
Itulah beberapa cara memperbaiki touchscreen android yang error yang dapat kalian coba. Semoga bermanfaat..

1 komentar:

Unknown said...

Sangat membantu

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger