Brand Evercross kembali berbahagia karena brand mereka telah beberapa kali menyabet penghargaan penting di Industri Telekomunikasi seperti Selular Award, Counter Point Researsh, ICS Award dan baru-baru ini adalah meraih penghargaan Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2015.
IBBA adalah sebuah penghargaan bagi brand-brand terbaik diberbagai industri uang dimuat oleh Majalah SWA dan lembaga riset MARS. Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil survei yang melibatkan 2.618 responden personal dan 2.625 responden rumah tanggah di tujuh Kota besar. Sebut saja Ibu Kota Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar dan Banjarmasin. Survey ini dilakukan sejak Maret hingga Mei 2015. Di ketujuh kota tersebut dipilih responden personal yang memiliki kriteria usia 15 hingga 55 tahun dengan SES A-B-C-D-E.
Sedangkan untuk metodelogi yang digunakan pada survey ini adalah kuantitatif yaitu dengan mewawancari langsung dari rumah kerumah lewat pemilihan responden berdasarkan multistage sampling. Dibuat penilaian yang meliputi popularitas merk (brand awareness), popularitas iklan (ad awareness), tingkatan kualitas merk (brand value), tingkat kepuasaan dan loyalitas pelanggan (satisfaction dan loyalty index), pangsa pasar (market share) dan potensi pertumbuhan merk dimasa mendatnag (gain index).
Malam penganugerahan yang dilakukan IBBA 2015 ini telah digelar beberapa hari yang lalu. Penghargaan ini menjadi momentum bersejarah bagi Chief Marketing Officer Evercross yaitu Ricky Tanudibrata atau lebih dikenal sebagai komandan marketing brand ini. Senyum bahagia terlihat ketika plakat penghargaan IBBA 2015 untuk kategori local smartphone berhasil digenggamnya.
Disadari Evercross bahwa persaingan untuk Industri Smartphone sangat dinamis dan inovatif sehingga semuanya berpotensi meraih penghargaan namun strategi menyatu agar menjadi kekuatan dahysatlah yang menurut Ricky brand mereka mampu memenangkan penghargaan ini. Tapi menurut Ricky yang lebih sulit adalah cara mempertahankan penghargaan ini sehingga brand mereka terlihat komitmen dan konsistensi yang tinggi yang dapat dinilai langsung oleh masyarakat.
Tak lupa Ricky mengungkapkan kebahagiannya atas capaian mereka selama ini. Penghargaan ini sangat dinanti oleh mereka karena ajang penghargaan ini adalah bergengsi tentu ingin diraih oleh brand-brand lain. Ricky menambahkan penghargaan paling independen dan paling berpengaruh ini membuat produk mereka akan semakin dipercaya konsumen khususnya Indonesia.
Namun Ricky menyimpulkan bahwa setidaknya upaya tersebut sudah berbuah manis. Kini Evercross semakin dipercaya para konsumen tanah air dengan menguasai pasar ponsel. Evercross tumbuh menjadi brand kebanggaan Indonesia yang mampu bersaing dengan produk atau brand global maupun bran nasional lainnya yang memiliki kualitas kelas dunia.
0 komentar:
Post a Comment